Menara BTPN Fl. 47 unit 38, Jakarta Selatan
+6285256423471
+62 21 5084 7173

Definisi Marketing Pemasaran (7P – Bauran Pemasaran)

Apa itu Marketing Mix / Bauran Pemasaran?

Dalam memasarkan suatu produk atau jasa dalam suatu perusahaan, pendekatan yang mudah dan fleksibel biasanya disebut bauran pemasaran.

Bauran pemasaran atau diserap ke dalam bahasa Indonesia ke dalam bauran pemasaran adalah strategi penjualan atau promosi dan harga unik dan dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

Daftar isi:Definisi marketing mixPerbedaan 4p dan 7pProdukHargaLokasiPromosiSDMProses BisnisBukti fisik,
4 elemen marketing mix (4p)

Pengembangan Bauran Pemasaran 4P menjadi 7P

Bauran pemasaran ini semakin berkembang, terutama di sektor jasa, tidak hanya mencakup produk, promosi, dan harga (4P), tetapi juga dalam hal tempat, orang, proses, dan bukti fisik, yang kemudian dikenal sebagai layanan bauran pemasaran sebagai 7P.

Konsep ini akan disesuaikan dengan kondisi perusahaan jasa yang akan mengimplementasikannya, tetapi secara umum, konsep 7P ini (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) digunakan untuk membuat keputusan dalam membuat komunikasi pemasaran strategi.

a. Produk (Layanan) / Produk atau Layanan

Produk layanan adalah produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Memang, pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan.

b. Harga / Price

Harga adalah hal yang penting. Perusahaan akan melakukan ini dengan pertimbangan karena penetapan harga akan memengaruhi total pendapatan dan biaya. Harga adalah penentu utama posisi dan harus diputuskan sesuai dengan target pasar, campuran produk, dan layanan, dan persaingan.

c. Place / Lokasi Usaha

Berbagai tempat harus dipertimbangkan dengan hati-hati, tempat-tempat strategis tentu memiliki peluang yang lebih baik untuk akses publik, tetapi biaya sewa sewa dari tempat-tempat ini juga harus diperhitungkan sebagai konsekuensi dari akses mudah ke konsumen.

d. Promotion / Strategi Promosi

Promosi adalah kegiatan dan materi yang dalam penerapannya menggunakan teknik, di bawah kendali penjual / produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual / produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak-pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.

e. Sumber Daya Manusia(SDM) / People

Manusia adalah aset utama dalam industri jasa, terutama bisnis yang membutuhkan sumber daya berkinerja tinggi. Kebutuhan konsumen akan karyawan yang berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan pengetahuan (knowledge) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam pencitraan internal dan baik perusahaan di luar.

f. Proses / Process atau Kegiatan Bisnis

Kualitas layanan atau produk sangat tergantung pada proses pemberian layanan kepada konsumen. Mengingat bahwa driver perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin kualitas layanan (jaminan kualitas), semua operasi perusahaan harus dilakukan sesuai dengan sistem dan prosedur standar oleh karyawan yang kompeten, berkomitmen, dan loyal kepada perusahaan tempat mereka bekerja. kerja.

g. Bukti Fisik / Physical Evidence Perusahaan

Bangunan adalah bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan nilai tambah bagi konsumen di perusahaan jasa yang memiliki karakter. Perhatian pada interior, peralatan bangunan, termasuk sistem kilat, dan tata ruang yang luas merupakan masalah penting dan dapat memengaruhi suasana hati pengunjung.

Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan suasana sehingga dapat memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung, terutama menjadi persyaratan utama bagi perusahaan jasa dengan kelas pasar khusus.

Related Posts

Leave a reply


Baymavi child porn