Menara BTPN Fl. 47 unit 38, Jakarta Selatan
+6285256423471
+62 21 5084 7173

Teknik Dasar SEO Website untuk menjadi No.1 di Google

Artikel ini ditujukan untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar SEO untuk muncul di halaman pencarian Google.co.id.

Jika Anda memiliki situs web dan hanya ingin terjun ke dunia Pemasaran Mesin Pencari, maka artikel ini akan tepat untuk Anda karena kami akan berbagi tentang dasar-dasar bagaimana optimasi SEO didasarkan pada pedoman resmi dari Google.

Berikut ini adalah langkah-langkah awal yang harus diambil di situs web agar ramah terhadap mesin pencari.

Periksa apakah Web Anda memiliki indeks Google


Pada tahap ini, Anda harus melakukannya secara sederhana, cukup ketik kunci seperti ini di kolom pencarian Google Search,

site:namawebsitekamu.com

Dengan mengisi kata kunci di atas, maka semua hasil pencarian akan menjadi semua halaman web Anda yang telah diindeks oleh Google. Misalnya, untuk web Vasitive, Anda akan melihat hasil pencarian seperti di halaman ini: google.co.id/search?q=site:vasitive.id
Jika Anda tidak ingin repot, ganti saja url “vasitive.id” di atas dengan alamat web atau nama domain Anda.

Lalu bagaimana jika ternyata web saya belum diindeks, atau hanya beberapa halaman saja yang diindeks?

Jika ini terjadi, itu berarti Anda harus mengirimkan halaman Anda secara manual dengan Google mengirimkan url. Jika Anda ingin mengirim secara otomatis, Anda tidak dapat membantu tetapi mengintegrasikan web Anda dengan Google Search Console.

Pastikan Web Anda memiliki Konten Berkualitas

Ini adalah hal kedua yang perlu diingat. Memang, Google adalah perusahaan penyedia layanan. Layanan apa yang mereka sediakan?

Google menyediakan layanan untuk membantu menemukan informasi yang diinginkan oleh penggunanya. Karena itu, jika konten situs web Anda dapat menjawab kebutuhan pengguna pencarian Google, mesin pencari akan secara otomatis menyukai situs web Anda.

Parameter ini dapat dibaca oleh Google dengan melihat berapa lama pengunjung bertahan di situs web Anda (durasi sesi). Jika setelah memasuki situs web Anda, akhirnya akan lari (tingkat bouncing tinggi), bersiap-siap, Google dapat menilai web Anda memiliki konten yang tidak berkualitas.

Kecepatan memuat dan kompatibilitas antar-perangkat

Seiring dengan tren penggunaan internet serta pencarian online mulai didominasi oleh perangkat seluler, Google juga menyesuaikan diri dengan algoritma yang memperhitungkan aksesibilitas sebuah situs web.

Ada cukup banyak faktor yang menentukan bagian ini, seperti di mana situs web hosting, template yang digunakan, platform cms yang digunakan, dan dukungan teknologi kompresi.

Secara umum, untuk mengetahui kinerja situs web secara umum khususnya di bagian ini, Anda dapat memeriksa langsung melalui alat Google berikut ini, g.co/mobilefriendly.

Di sana, Anda cukup memasukkan URL situs web dan menunggu sebentar hingga akhirnya hasil audit muncul dan rekomendasi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja situs web.

Nah, itulah 3 poin dasar tentang cara membuat optimasi situs web paling dasar sehingga dapat muncul di mesin pencari Google. Jika Anda merasa perlu bantuan dalam mengoptimalkan situs web Anda, Anda dapat mempertimbangkan merekrut pihak ketiga yang dapat memberikan layanan optimasi SEO untuk Anda.

Ini juga direkomendasikan oleh Google secara khusus dengan mendefinisikan praktisi SEO sebagai pihak yang akan membantu tampilan web Anda di mesin pencari. Kutipan berikut:

Bagaimana, memilih untuk merekrut layanan jasa SEO atau melakukannya sendiri? Kami siap membantu dan berdiskusi melalui kolom komentar.

Related Posts

Leave a reply


Google hacked Google hacked makrobet Google hacked makrobet